Belajar Mengaji Lebih Menyenangkan dengan Mushaf Maqamat for Kids (MMKids)

Terlepas dari masa pandemi, rumah (keluarga) adalah tempat pendidikan pertama bagi seorang anak dan ibu adalah madrosatul ula (pendidikan pertama) bagi anak. Al Qolam menyediakan solusi fasih membaca Al Qur’an untuk membersamai putra/i Ayah Bunda di rumah. Jadi Ayah Bunda tidak perlu khawatir. Meskipun di rumah saja, Ayah Bunda masih tetap bisa mengaji, mengkaji, belajar dan mengajarkan kaidah-kaidah tajwid pada anak.

1 Set Mushaf Maqamat For Kids (MMKids)

Dengan Mushaf Maqamat for Kids, Ayah Bunda bisa mengajarkan tajwid mulai dari Tahqiq, Tahsin, Tartil hingga pelajaran maqamat (pelajaran tilawah) juga bisa kita ajarkan kepada anak-anak di rumah saja. Dengan menggunakan electronic pen (e-pen), Ayah Bunda akan semakin mudah memberikan contoh bacaan dalam al Qur’an kepada anak.

Meskipun Mushaf ini diformulasikan untuk anak-anak, Mushaf ini juga bisa Ayah Bunda pakai untuk belajar atau mengaji setiap hari.

Mushaf ini adalah terbitan Institut Ilmu al Qur’an (IIQ) Jakarta, di bawah pimpinan DR. KH. Ahsin Sakho Muhammad, MA. Beliau menyampaikan bahwa setidaknya ada 5 (lima) hal di dalam Mushaf Maqamat for Kids yang sangat berguna bagi anak-anak, diantaranya adalah:

1. Di dalam Mushaf ini, tulisan atau bacaannya disertai dengan tanda Waqaf dan Ibtida' (berhenti dan memulai) yang disesuaikan dengan pernafasan anak-anak.

2. Di dalam Mushaf ini, juga terdapat fitur bacaan Tartil dan Tahqiq (yang pelan) yang fungsinya adalah agar bisa diikuti oleh anak-anak, yang masih belum lancar bacaannya.

3. Di dalam Mushaf ini, juga terdapat pelajaran Maqamat (lagu-lagu dalam membaca Al-Quran yaitu Bayati, Hijaz, Shaba, Rast, Sika, Jiharka, Nahawan) pada juz ke 30. Sehingga memudahkan Ayah Bunda memperkenalkan maqamat sejak dini. Sengaja dipilih juz 30 karena juz ini yang sudah familiar di telinga anak-anak. Maqamat tersebut dibawakan oleh mahasiswi dan mahasiswa IIQ yang sudah menguasai nada-nada lagu dalam pembacaan Al-Quran.

4. Di dalam Mushaf ini juga terdapat terjemahan per ayat dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

5. Di dalam Mushaf ini juga terdapat Hadits-hadits yang berkaitan dengan keutamaan Al-Quran.

Penggunaan e-pen selain untuk mendengarkan contoh cara membaca yang tepat oleh qari’/ah, Ayah Bunda juga bisa menggunakan e-pen pada al Qur’an Portable jika sedang berhalangan atau di suatu tempat yang lebih ringan membawanya dibanding dengan membawa mushaf. Fitur dalam al Qur’an portable diantaranya adalah tombol nomor surah, nama surah dan do’a do’a sekaligus keterangan seputar haji, umrah dan do’a sehari-hari. Dengan menggunakan e-pen, maka Ayah Bunda dapat mendengarkan murottal surah al Qur’an per nomor ayat atau per surah. Begitu juga dengan do’a-do’a seputar haji dan umrah serta do’a sehari-hari.

Belajar Mengaji Lebih Menyenangkan dengan Mushaf Maqamat for Kids

Penggunaan e-pen selain kedua fungsi di atas, juga digunakan untuk membaca buku iqro’. Sehingga, dapat kita ringkas bahwa dalam 1 set Mushaf Maqamat for Kids (MMKids) mendapatkan:

- Mushaf al Qur’an

- Buku Iqro

- Buku Ensiklopedi Anak Soleh 

- Al-Qur’an portable 

- Electronic pen (e-pen)

- Charger beserta adaptornya

- Ear phone

- Backpack cantik

- Manual/Buku petunjuk

- Kartu garansi

Sedangkan fitur yang terdapat dalam 1 (satu) paket Mushaf Maqamat for Kids (MMKids) yaitu :

- Adab membaca Al-quran 

- Bacaan dan tanda Waqaf Ibtida (30 juz)

- Bacaan Tahqiq (30 juz)

- Bacaan 2 macam qari’ (30 juz)

- Terjemah Bahasa Indonesia dan Inggris (30 juz)

- Penjelasan Ilmu Tajwid (30 juz)

- Kisah dalam Alquran (30 juz)

- Rekam suara (record) (30 juz)

- Tanya Jawab (games) (30 juz)

- Bacaan Maqamat (juz 30) 

- Bacaan Tahsin wa Tartil (juz 30)

- Keutamaan surah (30 juz)

- Mutiara Juz 30 (30 juz)

Berikut Daftar Isi buku Ensiklopedi Anak Sholeh pada Mushaf Maqamat for Kids (MMKids):

- Bab 1 Akidah Anak Sholeh (Iman, Rukun Iman, Islam, Kehidupan Setelah Mati)

- Bab 2 Akhlak Anak Sholeh (Pengertian Akhlaq, Macam-macam Akhlaq, Akhlaq Terpuji, Akhlaq Tercela, Praktek Akhlaq)

- Bab 3 Fiqih Anak Sholeh (Najis, Wudhu, Tayammum, Shalat, Puasa, Zakat dan Sedekah, Halal dan Haram)

- Bab 4 Kisah Nabi dan Rasul 

- Bab 5 Hadits-hadits (Hadits-hadits Pilihan untuk Anak)

- Bab 6 Mari Berdo’a 

Nah, komplit bukan?

Segera dapatkan produk berkualitas ini untuk memaksimalkan aktivitas membersamai putra-putri Ayah Bunda di rumah atau untuk memaksimalkan ibadah kita sebagai seorang muslim/ah.


#mushaf #mmkids #alquran# #quran #alqolamtigaraksa #mengaji



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama